Antara Idealisme yang Sempurna dan Kenyataan yang Pahit, Mahasiswa Keperawatan Sulit Menemukan Model Peran

Saya merupakan mahasiswa Magister sebuah Universitas cukup terkenal dengan jurusan keperawatanya. Hari ini genap satu bulan saya berpraktik di sebuah intitusi pelayanan kesehatan. Banyak hal yang telah saya pelajari di dalam perkuliahan dan semuanya menarik! Begitu besar harapan yang saya pasang untuk melihat dan mencoba mengekstraksikan ide-ide pembelajaran yang saya dapat di bangku perkuliahan. Semuanya begitu cantik dan ideal terasa. Hal itu sungguh menyemangati.

Saya memiliki seorang pasien Tuberkulosis dengan putus obat, saya mengkaji dan merawat pasien tersebut agar dapat membantu mempermudah petugas kesehatan yang bertanggung jawab tersebut. Berbagai upaya saya usahakan karena yang ada dalam pikiran pasien saya yang hanya ada “saya siap menunggu mati karena penyakit ini, buat apa saya harus berobat”. Edukasi kesehatan tidaklah mempan, tanpa lelah saya terus mencari upaya mulai dari mengenalkan pasien saya dengan pasien yang sukses pengobatannya dan sembuh hingga mengajak teman dekat pasie untuk hanya sekedar memberi motivasi. Ini bukan pekerjaan sekali pertemuan. Boleh jujur saya pun lelah, namun saya tidak menyerah dengan sebuah akhir pasien saya merubah pikiran nya untuk berobat.

Dengan bangga dan bahagia saya dampingi pasien saya ke institusi pelayanan tersebut dengan semangat yang penuh. Saya bertemu dengan petugas kesehatan yang bertanggung jawab untuk membantu memproses pengobatan pasien saya. Namun respon yang saya dapat apa? Wajah tidak tertarik petugas dan sebuah pernyataan “pasien ini memang nakal lelah kami menanganinya” petugas itupun mencoba melayani pasien saya dengan alakadarnya. Saya pun gontai tak bersemangat, saya tertegun mencoba memaknai situasi. Kejam rasanya. Hanya semangat dan dukungan yang saya butuh dan sepertinya itu mustahil dari seorang rekan sejawat.

Sumber Gambar: Google Image

5 thoughts on “Antara Idealisme yang Sempurna dan Kenyataan yang Pahit, Mahasiswa Keperawatan Sulit Menemukan Model Peran

  • March 19, 2020 at 9:27 am
    Permalink

    Penulisan artikel ini jelas memberikan informasi yang bermanfaat gan. Terutama membuat saya menjadi termotivasi untuk mencari info seperti itu.

    Reply
  • March 22, 2020 at 10:49 pm
    Permalink

    Penulisan artikel ini berbeda dengan yang lainnya.
    Sehingga mudah utuk dipahami berbagai orang. Terima kasih
    atas informasinya ya.

    Reply
  • March 28, 2020 at 9:57 am
    Permalink

    mantap bener, ini yang saya cari2 selama ini. makasi gan, sukses terus.

    Reply
  • April 9, 2020 at 3:57 am
    Permalink

    Informasi artikel yang unik, bermanfaat, dan menarik gan.
    Saya jadi legih mengerti lagi setelah membaca artikel anda.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *