Program Kami

perawatbedarasa.org

Online Writing Campaigning

Melalui tulisan-tulisan kami mencoba untuk mengubah “mindset” perawat ke arah yang lebih baik. Dengan pembaharuan informasi dan pengetahuan yang dapat memberikan pencerahan bagi perawat indonesia

perawatbedarasa.org

Nursing In-house Training Program

for Under-Represented Health Services

Pentingnya Program ini Hadir di Institusi Anda-

Indonesia memiliki lebih kurang 2820 Rumah Sakit umum dan swasta dengan jumlah tenaga keperawatan hingga tahun 2017 terhitung sebanyak 339.329 orang. Perawat sebagai tenaga kesehatan dengan jumlah terbesar memegang peranan penting dalam menjawab tantangan kesehatan Indonesia, visi institusi dan tuntutan kesehatan masyarakat. Peran penting yang diembankan kepada perawat memberikan nuansa keberagaman tantangan bagi perawat. Isu-isu profesinalitas perawat kerap kali menjadi bahasan utama dan menjadi titik lemah perawat yang harus ditemukan solusinya. Perawat memiliki kemampuan dan keahlian minim dalam menganalisis dan menemukan permasalahan serta solusi profesionalitas dalam lingkungan kerja. Keterbatasan akses terhadap penanganan permasalahan profesionalitas serta akses literatur dan riset terbaharui yang minim makin memperburuk situasi yang dialami perawat dan tim kerja. Hal ini berdampak krusial terhadap penurunan kualitas layanan, kepuasan kerja dan kepuasan pasien. Program Nursing In-house Training memberikan kesempatan kepada perawat beserat tim kerja untuk belajar dan berdiskusi bersama mengenai hal-hal yang dihadapi dalam mewujudkan profesinalisme kerja.

Tujuan Utama Kami-

Peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan perawat dalam profesionalisme kerja.

Deskripsi Singkat Program Kami-

Program Nursing In-house Training merupakan program pelatihan yang berfokus pada isu-isu profesionalisme keperawatan. Program ini berlangsung selama 1 minggu hingga 6 bulan dengan metode dan sesi pembelajaran beragam. Program ini terdiri dari beberapa fase:

Fase pertama (Assesment): Tim akan berdiskusi dan bekerjasama dengan tim keperawatan membahas permasalahan profesionalisme yang dirasakan kemudian bersama-sama merancang perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk menemukan solusi permasalahan.

Fase kedua (Implementasi): Tim akan melaksanakan kegiatan-kegiatan berdasarkan perencanaan berdasarkan jadwal yang disepakati dengan persiapan tertentu.

Fase Ketiga (Evaluasi): Tim akan mengevaluasi penyelesaian permasalahan berdasarkan strategi penyelesaian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan instrumen evaluasi yang tepat.

Metode Pembelajaran

Perawatbedarasa.org menggunakan pendekatan metode beragam dalam berkegiatan. Metode disesuaikan dengan kapasitas, sumberdaya, dan kemampuan perawat di suatu institusi. Berikut beberapa pilihan metode pembelajaran yang dapat digunakan:

Small Group Discussion

Metode ini akan berfokus pada pembagian partisipan dalam kelompok kecil sehingga mampu memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih dalam dan bermakna. Kelompok kecil tersebut akan berdiskusi terkait topik yang diberikan.

Simulasi

Metode pembelajaran ini akan memberikan kesempatan kepada partisipan untuk merasakan situasi seperti nyata sehingga mampu memberikan gambaran terhadap situasi nyata yang dihadapi di lapangan.

Ceramah (Lecturing)

Metode ini memberikan kesempatan partisipan untuk berdiskusi bersama dengan kapasitas jumlah besar dan mampu memberikan klarifikasi ahli.

E-learning

Metode pembelajaran dengan menggunakan teknologi yang tersedia sehingga mampu membuka komunikasi pembelajaran jarak jauh dan peka terhadap waktu.

Syarat dan Ketentuan

Dalam melaksanakan kerjasama diharapkan memenuhi ketentuan sederhana berikut.

Syarat Rumah Sakit, Puskesmas, dan Klinik:

  1. Institusi pelayanan kesehatan yang memiliki sumberdaya terbatas dalam pengembangan kemampuan profesionalisme perawat, misal: tidak memiliki waktu, memiliki biaya pendidikan terbatas dan aturan.
  2. Program ini tidak dikenakan biaya (sukarela) namun persiapan dan keperluan perlengkapan in-house trainingdisiapkan oleh intitusi pelayanan yang terkait.
  3. Melakukan registrasi melalui formyang disediakan di situs perawatbedarasa.org