Downton Abbey Season 2, Imajinasi Profil Perawat Dimasa Lalu

Keperawatan modern lahir di negeri Inggris oleh seorang perempuan bernama Florence Nightingale. Nightingale muncul dimasa perang yang berkecamuk yakni di Perang Crimea. Perawat terus menjadi sosok yang dibutuhkan ketika perang terus berlanjut. Dalam sebuah tayangan film serial yang dirilis sejak 2010 lalu berjudul Downton Abbey, ditampilkan beberapa peran perawat di masa perang tersebut.

Karakter perawat yang digambarkan melalui Isobel Crawley dan Lady Sybil ini menggambarkan bahwa keperawatan merupakan suatu bentuk representasi kesamaan hak perempuan dalam menentukan sikap dan pendapat di masa tersebut. Prinsip Egaliter ditunjukan melalui profesi ini ketika kesamaan hak perempuan dan pria dipertanyakan dimasa tersebut. Keperawatan juga merupakan profesi pengabdian yang berazas kebaikan dan ketulusan menolong korban perang tanpa mengedepankan materil sebagai tujuan utama.

Lady Sibyl mengabdikan dirinya sebagai perawat dimasa perang dunia ke-2

Peran perawat yang dimainkan oleh kedua karakter tersebut juga merepresentasikan bahwa profesi keperawatan merupakan profesi yang juga dipilih oleh keturunan bangsawan. Hal ini juga berkaitan dengan penemu keperawatan modern Florence Nightingale yang juga merupakan keturunan bangsawan yang memilih untuk mengabdi dimasanya. Hal ini memberikan pesan bahwa pilihan prioritas sehingga mengerjakan pekerjaan dengan utuh.

Isobel Crawley mengabdikan diri di Rumah Sakit tempat Ia tinggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *