Kompetensi Ventilasi Mekanis Sangat Dibutuhkan dalam Penanganan Pasien Kritis Covid-19

Pencegahan penularan adalah tujuan paling utama yang harus dicapai dalam penanganan situasi darurat kesehatan yang dihadapi saat ini. Pasien dengan hasil uji spesimen positif akan membutuhkan perawatan spesifik yang membutuhkan kemampuan dan ruang perawatan yang khusus. Namun, untuk beberapa situasi kondisi pasien dapat turun menjadi kritis.

Penanganan terhadap kondisi kritis pasien Covid-19 akan membutuhkan serangkaian pengalaman petugas kesehatan yang memiliki kemampuan dalam penanganan kasus pneumonia dan penyakit-penyakit respiratori. Penyiapan petugas kesehatan yang memiliki kemampuan penanganan sesuai kondisi diatas penting harus disiasati guna mencegah peningkatan angka kematian.

Angka case fatality rate (CFR) yakni proporsi angka kematian akibat penyakit tertentu di provinsi Hubei termasuk yang paling tinggi 7 kali lipat dengan angka berkisar 2,9% jika dibanding tempat lain yang hanya 0.4%. Kesiapan dan kapasitas yang tinggi dari sektor layanan kesehatan dituntut untuk dapat memenuhi tingginya tuntutan pelayanan saat wabah terjadi untuk menurunkan kemungkinan resiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit.

Respon layanan terhadap kebutuhan pasien dengan kondisi kritis akibat penyakit Covid-19 menuntut kemampuan ventilasi mekanis. Merupakan kemampuan terbatas yang dimiliki oleh setiap institusi layanan kesehatan bagi petugas kesehatan yang dimilikinya. Jika pun ada dalam kondisi wabah maka kebutuhan akan meningkat dan sulit menutupi jumlah esensial yang dibutuhkan.

Perlengkapan persiapan pasien kritis
Sumber: The Wall Street Journal

Perawatan pasien kritis dapat berfokus pada penyediaan strategi intervensi yang tepat berupa konservasi cairan, pemberian segera antibiotik yang direkomendasikan, Ventilasi lung-protective, posisi prone, dan extracorporeal membrane oxygen untuk hypoxemia refraktori. High-flow nasal oksigen atau noninvasive ventilasi mekanis dapat menjadi pilihan ketika ventilasi mekanis invasif sangat terbatas.

Penyediaan suplai ketersedian tempat tidur yang cukup, alat ventilator extracorporeal membrane oksigenasi atau terapi renal replacement harus adekuat.

Sumber: contagionlive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *